Tentukan apakah rumusan berikut ini, masalah penelitian atau
bukan:
1.
Para ibu rumah tangga yang memiliki pendidikan
rendah tidak dapat mengasuh anaknya dengan baik
Jawab :
Bukan, karena bukan merupakan kalimat
pertanyaan. Seharusnya “Bagaimana pengaruh tingkat pendidikan ibu terhadap pengasuhan
anak?”
2.
Apakah mahasiswa semester 5 jurusan BK UM
memiliki keterampilan komunikasi yang baik karena telah mengikuti matakuliah
keterampilan dasar komunikasi?
Jawab:
Bukan, karena merupakan pertanyaan
tertutup. Sebaiknya “Bagaimana dampak pemberian matakuliah keterampilan dasar
komunikasi terhadap keterampilan komunikasi mahasiswa semester 5 jurusan BK UM?”
3.
Apakah ada perbedaan keterampilan komunikasi
mahasiswa BK UM yang telah mengikuti matakuliah konseling dan yang belum
mengikuti matakuliah konseling?
Jawab:
Iya, sudah benar.
4.
Apakah ada pengaruh model pembelajaran
concept-attainment terhadap prestasi belajar Riset Kualitatif?
Jawab:
Bukan, karena tidak ada subjeknya.
Sebaiknya “ Bagaimana pengaruh concept-attainment terhadap prestasi belajar
Riset Kualitatif pada mahasiswa semester 6?”
5.
Bagaimana kecenderungan kecerdasan emosional
siswa kelas 6 SD yang ibunya bekerja?
Jawab:
Iya, sudah benar.
6.
Apakah ibu tak bekerja menjadikan anak-anaknya
matang secara emosi?
Jawab:
Bukan, karena merupakan pertanyaan
tertutup. Sebaiknya “Bagaimana perbedaan kematangan emosi pada anak yang ibunya
bekerja dan anak yang ibunya tidak bekerja?”
7.
Apakah guru pembimbing yang tidak berlatar BK
dapat menyusun program BK dengan baik di sekolah?
Jawab:
Bukan, karena merupakan pertanyaan tertutup.
Sebaiknya “Bagaimana hubungan antara latar belakang pendidikan guru pembimbing
dengan kualitas penyusunan program BK?”
8.
Apakah model pembelajaran Direct Instruction
punya dampak pada keterampilan membaca siswa tunagrahita?
Jawab:
Bukan, karena merupakan pertanyaan
tertutup. Sebaiknya “Bagaimana dampak penerapan model pembelajaran Direct
Instruction terhadap keterampilan membaca siswa tunagrahita?”
9.
Bagaimana hasilnya bila siswa kelas 6 SD diajar
keterampilan sosial dengan pendekatan belajar terstruktur?
Jawab:
Kurang tepat, sebab tata bahasanya kurang
tersusun rapi. Sebaiknya “Bagaimana dampak pembelajaran keterampilan sosial
dengan pendekatan belajar terstruktur terhadap siswa kelas 6 SD?”
Tidak ada komentar :
Posting Komentar