Kamis, 04 April 2019

Menyunting Rumusan Masalah


Tentukan apakah rumusan berikut ini, masalah penelitian atau bukan:

1.       Para ibu rumah tangga yang memiliki pendidikan rendah tidak dapat mengasuh anaknya dengan baik
Jawab :
Bukan, karena bukan merupakan kalimat pertanyaan. Seharusnya “Bagaimana pengaruh tingkat pendidikan ibu terhadap pengasuhan anak?”

2.       Apakah mahasiswa semester 5 jurusan BK UM memiliki keterampilan komunikasi yang baik karena telah mengikuti matakuliah keterampilan dasar komunikasi?
Jawab:
Bukan, karena merupakan pertanyaan tertutup. Sebaiknya “Bagaimana dampak pemberian matakuliah keterampilan dasar komunikasi terhadap keterampilan komunikasi mahasiswa semester 5 jurusan BK UM?”

3.       Apakah ada perbedaan keterampilan komunikasi mahasiswa BK UM yang telah mengikuti matakuliah konseling dan yang belum mengikuti matakuliah konseling?
Jawab:
Iya, sudah benar.

4.       Apakah ada pengaruh model pembelajaran concept-attainment terhadap prestasi belajar Riset Kualitatif?
Jawab:
Bukan, karena tidak ada subjeknya. Sebaiknya “ Bagaimana pengaruh concept-attainment terhadap prestasi belajar Riset Kualitatif pada mahasiswa semester 6?”

5.       Bagaimana kecenderungan kecerdasan emosional siswa kelas 6 SD yang ibunya bekerja?
Jawab:
Iya, sudah benar.

6.       Apakah ibu tak bekerja menjadikan anak-anaknya matang secara emosi?
Jawab:
Bukan, karena merupakan pertanyaan tertutup. Sebaiknya “Bagaimana perbedaan kematangan emosi pada anak yang ibunya bekerja dan anak yang ibunya tidak bekerja?”

7.       Apakah guru pembimbing yang tidak berlatar BK dapat menyusun program BK dengan baik di sekolah?
Jawab:
Bukan, karena merupakan pertanyaan tertutup. Sebaiknya “Bagaimana hubungan antara latar belakang pendidikan guru pembimbing dengan kualitas penyusunan program BK?”

8.       Apakah model pembelajaran Direct Instruction punya dampak pada keterampilan membaca siswa tunagrahita?
Jawab:
Bukan, karena merupakan pertanyaan tertutup. Sebaiknya “Bagaimana dampak penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap keterampilan membaca siswa tunagrahita?”

9.       Bagaimana hasilnya bila siswa kelas 6 SD diajar keterampilan sosial dengan pendekatan belajar terstruktur?
Jawab:
Kurang tepat, sebab tata bahasanya kurang tersusun rapi. Sebaiknya “Bagaimana dampak pembelajaran keterampilan sosial dengan pendekatan belajar terstruktur terhadap siswa kelas 6 SD?”

Tidak ada komentar :

Posting Komentar