Rabu, 27 Februari 2019

PROGRES ANALISIS PENGUBAHAN TINGKAH LAKU


Perkuliahan Analisis Pengubahan Tingkah Laku Minggu ke-6

            Pada perkuliahan Analisis Pengubahan Tingkah Laku hari ini Rabu, 27 Pebruari 2019 kami membahas tentang  pengukuran tingkah laku. Mulanya Ibu Danny menginstruksi kami untuk mendownload film Super Nanny di youtube. Kemudian kami menonton film tersebut bersama soulmate -yang telah dibagi sejak awal semester lalu- masing-masing. Kami diminta untuk mencatat tingah laku negatif apa saja yang dimunculkan oleh tokoh utama film tersebut.
            Film tersebut mengisahkan tentang seorang gadis kecil bernama Manddy yang berusia sekitar 9 tahun. Dia tergolong anak yang temperamental. Ia sering menangis, berteriak, memukul setiap kali muncul stimulus. Kedua orang tuanya ingin mengubah sikap Manddy yang temperamental tersebut menjadi gadis yang manis dan lebih mandiri dengan mendatangkan seorang ahli yang dalam film ini disebut sebagai “Nanny”.
            Dalam film yang berdurasi sekitar 48 menit itu, saya menemukan ada 6 tingkah laku negatif yang  dimunculkan oleh tokoh Manddy. Yakni, dia memukul, berteriak, mendorong, melempar, mencubit, dan menendang. Kemudian saya mencocokkan hasil pengamatan saya dengan Khilya. Dia menemukan ada 6 tingkah laku yang dimunculkan. Yakni Menangis, menendang, memukul, berteriak, mendorong, dan melempar.
            Kemudian, kami melakukan analisis, pengukuran model apa yang cocok digunakan untuk mengukur tingkah laku-tingkah laku yang telah ditemukan. Memukul dapat diukur dengan menghitung frekuensinya, berteriak, mendorong, dan melempar dapat dihitung dengan kekuatan dan juga frekuensinya. Kemudian mencubit dapat diukur dengan frekuensinya juga.
            Di sini saya ingin mengubah tingkah laku memukul dari tokoh tersebut. Sehingga saya mengamati frekuensi memukul Manddy. Saya menemukan bahwa Manddy memukul sebanyak 69 kali dalam film berdurasi sekitar 48 menit tersebut.
            Demikianlah progress tugas Analisis Pengubahan Tingkah Laku yang telah saya kerjakan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar