Selasa, 29 Januari 2019




Pengertian dan Karakteristik Penelitian


  1. Kata kunci dari pengertian penelitian:
(a)    Fakta
(b)   Keputusan
(c)    Teruji
(d)   Penyelidikan
(e)    Sistematis
(f)    Logis
(g)   Solusi
(h)   Cermat

Berdasarkan kata-kata kuci tersebut di atas, maka dapat dibuat definisi untuk penelitian. Yaitu sebagai berikut:
Penelitian adalah penyelidikan yang dilakukan secara cermat dan sistematis untuk menemukan solusi dan menentukan keputusan yang logis berdasarkan fakta-fakta yang telah teruji kebenarannya.

  1. Karakteristik penelitian:
Berdasarkan 6 sumber kajian materi penelitian yang kami dapatkan, secara garis besar menerangkan bahwa suatu penelitian itu memiliki karakter atau ciri sebagai berikut: (1) sistematis, (2) logis, (3) empiris, (4) objektif, (5) valid, (6) replikatif atau dapat ditiru, (7) dapat digeneralisasi.

  1. Alasan konselor harus meneliti:
Peran pokok konselor adalah membantu konseli dalam memahami diri dan lingkungannya agar dapat berkembang secara optimal serta dapat memecahkan masalahnya. Untuk bisa memberikan bantuan pada konseli, seorang konselor harus memahami keadaan konseli yang seutuhnya. Maka konselor harus melakukan penelitian terhadap segala hal yang berkaitan dengan permasalahan konseli. Ini dilakukan agar layanan yang diberikan tepat sasaran dan konseli benar-benar merasakan hasil positif dari proses konseling yang telah dilakukan tanpa menimbulkan masalah baru.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar